Proposal TAK Resiko Perilaku Kekerasan


PROPOSAL TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK
PASIEN DENGAN “ RESIKO PERILAKU KEKERASAN”





KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr.wb
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa,karena dengan rahmat dan ridhonya lah kami dapat menyelesaikan proposal terapi aktivitas kelompok ini dengan tepat waktu.
Proposal ini kami buat dengan tujuan melatih psikomotorik dan aktivas pada klien dengan gangguan kejiwaaan dengan masalah keperawatan prilaku kekerasan yang di banyak terdapat di ruang Gatotkaca Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr Amino Gondho Utomo
Diharapkan dalam pelaksanaan nya perawat dapat kompeten melakukan terapi aktivitas kelompok dengan klien risiko prilaku kekerasan di Ruang Gathutkaca. Tak ada ganding yang tak retak, begitu pula dalam pembuatan proposal masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan sangat kami harapkan.
Wassalamualaikum Wr.Wb.


Semarang, 29 Februari 2016   


PENULIS



TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK
“ RISIKO PERILAKU KEKERASAN ”

I. TOPIKSESI 1 : Mengenal  Perilaku Kekerasan Yang Biasa Dilakukan

II. LANDASAN TEORI
Perilaku kekerasan atau agresif merupakan suatu bentuk perilaku yang bertujuan untuk melukai seseorang secara fisik maupun psikologis. (Berkowitz, 1993). Berdasarkan definisi ini maka perilaku kekerasan dapat dibagi menjadi dua yaitu perilaku kekerasan secara verbal dan fisik. (Keltner et al, 1995). Sedangkan marah tidak harus memiliki tujuan khusus. Marah lebih menunjuk kepada suatu perangkat perasaan-perasaan tertentu dengan perasaan marah. (Berkowitz, 1993). Respon kemarahan dapat di fluktuasi dalam rentang adaptif – maladaptif. Rentang respon kemarahan dapat digambarkan sebagai berikut ; (Keliat, 1997, hlm 6)
a.    Assertif adalah mengungkapkan marah tanpa menyakiti, melukai perasaan orang lain, atau tanpa merendahkan harga diri orang lain.
b.   Frustasi adalah respon yang timbul akibat gagal mencapai tujuan atau keinginan. Frustasi dapat dialami sebagai suatu ancaman dan kecemasan. Akibat dari ancaman tersebut dapat menimbulkan kemarahan.
c.    Pasif adalah respon dimana individu tidak mampu mengungkapkan perasaan yangdialami.
d.    Agresif merupakan perilaku yang menyertai marah namun masih dapat dikontrol oleh individu.  Orang agresif bisaanya tidak mau mengetahui hak orang lain. Dia berpendapat bahwa setiap orang harus bertarung untuk mendapatkan kepentingan sendiri dan men gharapkan perlakuan yang sama dari orang lain.
e.    Mengamuk adalah rasa marah dan bermusuhan yang kuat disertai kehilangan control diri. Pada keadaan ini individu dapat merusak dirinya sendiri maupun terhadap orang lain
Stress, cemas, marah merupakan bagian kehidupan sehari-hari yang harus dihadapi oleh setiap individu. Strees dapat menyebabkan pemicu kemarahan.stressor yang kuat dapat menyebabkan mekanisme koping seseorang tak adekuat sehingga terjadi penyimpangan perilaku kekerasan pada seseorang.
Kemarahan dinyatakan dalam berbagai bentuk, ada yang menimbulkan pengrusakan, tetapi ada juga yang hanya diam seribu bahasa. Gejala-gejala atau perubahan-perubahan yang timbul pada klien dalam keadaan marah diantaranya sebagai berikut :
a.   Perubahan Fisiologi : tekanan darah meningkat, denyut nadi dan pernapasan meningkat, pupil dilatasi, tonus otot meningkat, mual, frekuensi buang air besar meningkat, kadang-kadang konstipasi, refleks tendon tinggi.
b.   Perubahan Emosional : mudah tersinggung, tidak sabar, frustasi, ekspresi wajah tampak tegang, bila mengamuk kehilangan control diri.
c.    Perubahan Perilaku : agresif pasif, menarik diri, bermusuhan, sinis, curiga, mengamuk, nada suara keras dan kasar.
Perilaku yang berkaitan dengan perilaku kekerasan antara lain :
a.    Menyerang atau menghindar (fight of flight): Pada keadaan ini respon fisiologis timbul karena system syaraf otonom bereaksi terhadap sekresi
b.   Menyatakan secara asertif (assertiveness)
Perilaku yang sering ditampilkan individu dalam mengekspresikan kemarahannya yaitu dengan perilaku pasif, agresif, dan asesif. Perilaku asertif adalah cara yang terbaik untuk mengekspresikan marah karena individu dapat mengekspresikan rasa marahnya tanpa menyakiti orang lain secara fisik maupun psikologis. Di samping itu perilaku ini dapat juga untuk mengembangkan diri klien.
c.    Memberontak (acting out): Perilaku yang muncul basanya disertai akibat konflik perilaku “acting out” untuk menarik perhatian orang lain.
d.   Perilaku kekerasan: Tindakan kekerasan atau amuk yang ditujukan kepada diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan.
Mekanisme koping adalah tiap upaya yang diarahkan pada penatalaksanaan strees, termasuk upaya penyelesaian masalah langsung dan mekanisme pertahanan yang digunakan untuk melindungi diri. (Stuart dan Sundeen, 1998, hlm 33)
Kemarahan merupakan ekspresi dari rasa cemas yang timbul karena adanya ancaman. Beberapa mekanisme koping yang dipakai pada klien marah untuk melindungi diri antara lain ( Maramis, 1998, hlm 83 ) :
a.    Sublimasi : menerima suatu pengganti yang mulia artinya dimata masyarakat untuk suatu dorongan yang mengalami hambatan penyaluran secara normal. Misalnya seseorang yang sedang marah melampiaskan kemarahannya pada obyek lain seperti meremas adonan kue, meninju tembok, dan sebagainya, tujuannya adalah untuk mengurangi ketagangan akibat rasa marah.                       
b.   Proyeksi : menyalahkan orang lain mengenai kesukarannya atau keinginannya yang   tidak baik. Misalnya seseorang wanita muda yang menyangkal bahwa ia mempunyai perasaan seksual terhadap rekan sekerjanya, berbalik menuduh bahwa temannya tersebut mencoba merayu, mencumbunya
c.    Resepsi : mencegah pikiran yang menyakitkan atau membahayakan masuk kealam sadar. Misalnya : seseorang anak yang sangat benci pada orang tuanya yang tidak disukainya. Akan tetapi menurut ajaran atau didikan yang diterimanya sejak kecil bahwa membenci orang tua merupakan hal yang tidak baik dan dikutuk oleh Tuhan, sehingga perasaan benci itu ditekannya dan akhirnya ia dapat melupakannya
d.    Reaksi formasi : mencegah keingiinan yang berbahaya bila diekspresikan, dengan melebih-lebihkan sikap dan perilaku yang berlawanan dan menggunakannya sebagai rintangan. Misalnya seseorang yang tertarik pada teman suaminya, akan memperlakukan orang tersebut dengan kasar.
e.    Displacement : melepaskan perasaan yang tertekan bisaanya bermusuhan, pada obyek yang tidak begitu berbahaya seperti yang pada mulanya membangkitkan emosi itu. Misalnya Timmy berusia 4 tahun marah karena ia baru saja mendapat hukuman dari ibunya karena menggambar di dinding kamarnya. Dia mulai bermain perang-perangan dengan temannya.

III. TUJUAN
A.  TUJUAN UMUM
1.   Klien dapat menyebutkan kemarahannya
2. Klien dapat menyebutkan respon yang dirasakan saat marah (tanda dan gejala marah)
3. Klien dapat menyebutkan reksi yang dilakukan saat marah
4. Klien dapat menyebutkan akibat perilaku kekerasan
B.  TUJUAN KHUSUS
1. Klien dapat menyebutkan kegiatan fisik yang biasa di lakukan klien
2. Klien dapat menyebutkan kegiatan fisik yang dapat mencegah perilaku kekerasan
3. Klien dapat mendemonstrasikan  kegiatan fisik yang dapat mencegah perilaku kekerasan

IV. KRITERIA ANGGOTA KELOMPOK
1.   Klien yang sudah tenang dan kooperatif
2.  Klien yang tidak terlalu gelisah
3.  Klien yang bisa kooperatif dan tidak mengganggu berlangsungnya Terapi Aktifitas Kelompok
4.  Klien tindak kekerasan yang sudah sampai tahap mampu berinteraksi dalam kelompok kecil
5.  Kondisi fisik dalam keadaan baik
6.  Mau mengikuti kegiatan terapi aktifitas kelompok

V. PROSES SELEKSI
1.   Mengobservasi klien yang masuk kriteria.
2.  Mengidentifikasi klien yang masuk kriteria.
3.  Mengumpulkan klien yang masuk kriteria.
4.  Membuat kontrak dengan klien yang setuju ikut TAK PK, meliputi : menjelaskan tujuan TAK PK pada klien, rencana kegiatan kelompok dan aturan main dalam kelompok.

VI. URAIAN STRUKTUR KELOMPOK
1.      Tempat Pertemuan
-  Ruang Gatotkaca RSJD Dr. Amino Gondho Utomo
-  Waktu
-  30-45 menit

2.    Jumlah anggota
Adapun jumlah seluruh anggota kelompok adalah 9 orang, yang terdiri dari :
-  Perawat  : 3 orang
-  Pasien    : 6 orang

3.    Metode
-  Dinamika kelompok
-  Diskusi tanya jawab
-  Bermain peran atau stimulasi

4.    Perilaku yang diharapkan dari klien Klien mampu :
   -  Menyebutkan kemarahannya
   -  Menyebutkan respon yang dirasakan saat marah 
      (tanda dan gejala marah)
   -  Menyebutkan reksi yang dilakukan saat marah
   - Menyebutkan akibat perilaku kekerasan

      5. Rencana kegiatan
      a. Persiapan
     - Memilih klien perilaku kekerasan yang sudah kooperatif
     - Membuat kontrak dengan klien
     - Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
     b. Orientasi
       1) Salam terapeutik
       a) Salam dari terapis kepada klien
       b) Membuat kontrak dengan klien
       c) Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
      2) Orientasi kerja
       a) Salam dari terapis kepada klien
       b) Perkenalkan nama dan panggilan terapis (pakai papan nama)
       c) Menanyakan nama dan panggilan semua klien 
           (beri papan nama)
      3) Evaluasi/Validasi
       a) Menanyakan  perasaan klien saat ini
       b) Menanyakan masalah yang dirasakan
      4) Kontrak
       a) Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu mengenal perilaku 
            kekerasan yang biasa dilakukan
       b) Menjelaskan aturan main sebagai berikut:
        · Jika ada klien yang ingin meninggalkan kelompok, 
          harus minta izin kepada terapis
        · Lama kegiatan 45 menit
        · Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir

      6. Tahap kerja
    a. Mendiskusikan penyebab marah
      · Tanyakan pengalaman setiap klien
      · Tulis di kertas
    b.  Mendiskusikan tanda dan gejala yang dirasakan klien 
         saat terpapar oleh penyebab marah sebelum 
         perilaku kekerasan terjadi
      · Tanyakan perasaan setiap klien saat terpapar oleh penyebab 
         (tanda dan gejala)
      · Tulis di kertas
     c. Mendiskusikan perilaku kekerasan yang pernah di lakukan klien
         (verbal, merusak lingkungan, menciderai/memukul orang lain 
         dan memukul diri sendiri)
      · Tanayakan perilaku yang dilakukan saat marah
      · Tulis di kertas
   d. Membantu klien memilih perilaku kekerasan yang 
        paling sering dilakukan untuk diperagakan
   e.  Melakukan bermain peran/simulasi untuk perilaku kekerasan
         yang tidak berbahaya (terapis sebagai sumber penyebab dan
         lien yang melakukankkekerasan)
   f.  Menanyakan perilaku klien setelah selesai bermain simulasi
   g. Mendiskusikan dampak/akibat perilaku kekerasan
      · Tanyakan akibat perilaku kekerasan
      · Tuliskan di papan tulis/flipchart/withtboard
   h. Memberikan reinforcemen pada peran serta klien
    i. Dalam menjalankan a sampai h, upayakan semua klien terlibat
    j. Beri kesimpulan penyebab, tanda dan gejala perilaku kekerasan
        yang terjadi, dan akibat dari perilaku kekerasan
   k. Menanyakan kesediaan klien untuk mempelajari cara baru yang
        sehat menghadapi kemarahan.

      7. Tahap Terminasi
    a. Evaluasi
    · Terapis menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
    · Memberikan reinforcement positif terhadap 
       perilaku klien yang positif
    b. Tindak lanjut
    · Menganjurkan klien menilai dan mengevaluasi jika terjadi 
       penyebab marah, yaitu tanda dan gejala, perilaku kekerasan
       yang terjadi serta akibat perilaku kekerasan
     · Menganjurkan klien mengingat penyebab, tanda dan gejala
       perilaku kekerasan dan akibadan gejala perilaku kekerasan
       dan akibat yang belum diceritakan
     c. Komntrak yang akan datang
     · Menyepakati belajar cara baru yang sehat untuk mencegah
       perilaku kekerasan
     · Menyepakati waktu dan tempat TAK berikutnya

      8.  Alat bantu yang digunakan
     - Papan tulis /flipcart/witeboard
     - Kapur/spidol
     - Papan nama
     - Buku catatan dan pulpen
     -  Jadwal kegiatan harian klien

     9.  Alokasi waktu
     a. Orientasi 08.00-08.10
    1) Salam terapeutik
    2) Orientasi
    3) Evaluasi validasi
    4) Kontrak

     b. Kerja 08.10-08.40
    1) Mendiskusikan penyebab marah
    2) Mendiskusikan tanda dan gejala
    3) Mendiskusikan perilaku kekerasan yang telah dilakukan klien
    4) Memilih perilaku kekerasan yang pernah dilakukan klien
    5) Mendiskusikan dampak/akibat dari perilaku kekerasan

    c. Terminasi 08.40-08.45
   1) Evaluasi
   2) Tindak lanjut
   3) Kontrak yang akan datang

     10. Pembagian tugas
      a. Leader : Rizki Adi Pranata
       Tugas :
       1) Katalisator, yaitu mempermudah komunikasi dan interaksi
            dengan menciptakan situasi dan kondisi yang memungkinkan
            klien termotifasi untuk mengekspresikan perasaannya.
       2) Auxilergy Ego, yaitu sebagai penopang bagi anggota yang 
            terlalu lemah atau mendominasi
       3) Koordinasi, yaitu mengarahkan proses kegiatan pencapaian
            tujuan dengan cara memberi motivasi kepada anggota untuk
            terlibat dalam kegiatan

      b. Co Leader : Novita Dwi Wahyuni
       Tugas :
       1) Membuka acara
       2) Mendampingi leader
       3) Mengambil posisi leader jika leader blocking
       4) Menyerahkan posisi kembali kepada leader
       5) Menutup acara diskusi

       c. Terapis :
      1. I Wachyu Saputra
      2. Aldo Pratama
      3. Nanang Murdani
      4. Praja Ngesti
      5. M. Dimas Hidayatulloh
        Tugas :
      1) Mempertahankan kehadiran peserta
      2) Mempertahankan dan meningkatkan motivasi peserta
      3) Mencegah gangguan dan hambatan terhadap kelompok 
           baik luar maupun dalam kelompok.
      4) Memberikan terapis

       d. Fasilitator : Tirta Ratna Sakti
        Tugas :
        1) Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan pesrta
        2) Menuntun peserta apabila ada yang kurang jelas
        3) Membantu dalam mengantisipasi masalah klien

       e. Observer : Tira Raih Anggraina
       Tugas :
       1) Mengidentifikasi kedalam kegiatan
       2) Mengidentifikasi strategi yang digunakan leader
       3) Mengamati dan mencatat :
        a) Jumlah anggota yang hadir
        b) Siapa yang terlambat
        c) Daftar hadir
        d) Siapa yang memberi pendapat atau ide
        e) Toik diskusi
       4) Mencatat modifikasi strategi untuk kelompok 
            yang akan datang
       5) Memprediksi respon anggota kelompok pada
            sission berikutnya.

       f.  Pasien :
       1) Bambang
       2) Baron
       3) Endang
       4) Feriyandi
       5) Surya Dharma
 
     11.  Setting tempat

              
                                          X         

                        *  X   *       *            <

                   O                     X

                       Q  X   *       *            >

                                      X    
            

                  Keterangan :
                  Leader      : O
                  Co leader  : Q
                  Terapis     : *
                  Fasilitator : <
                  Observer   : >
                  Pasien       : X


     12.  Tata tertib dan Antisipasi Masalah
      a.  Tata tertib :
       1) Peserta bersedia mengikuti kegiatan TAK
       2) Berpakaian rapid an bersih
       3) Peserta tidak diperkenankan makan dan 
            minum selama kegiatan TAK
       4) Peserta tidak boleh meninggalkan ruangan sebelum tata tertib
            dibacakan selama 5 menit, dan bila peserta tidak kembali ke
            ruangan maka peserta tersebut diganti peserta cadangan.
       5) Peserta tidak diperkenankan meninggalkan ruangan setelah
            tata tertib dibacakan. Bila peserta meninggalkan ruangan dan
            tidak bisa mengikuti kegiatan lain setelah dibujuk oleh 
            fasilitator, maka peserta tersebut tidak dapat diganti 
            oleh peserta cadangan.
       6) Paserta hadir 5 menit sebelum kegiatan dimulai
       7) Peserta yang ingin mengajukan pernyataan, mengangkat 
            tangan terlebih dahulu dan berbicara setelah dipersilahkan.
     b.  Program Antisipasi
      1) Usahakan dalam keadaan terapeutik
      2) Anjurkan kepada terafis agar dapat menjaga perasaan 
           anggota kelompok, menahan diri untuk tertawa atau 
           sikap yang menyinggung.
      3) Bila ada peserta yang direncanakan tidak bisa hadir, maka 
           diganti oleh cadangan yang telah disiapkan dengan cara
           ditawarkan terlebih dahulu kepada peserta.
      4) Bila ada peserta yang tidak menaati tata tertib, diperingatkan
           dan jika tidak bisa diperingatkan, dikeluarkan dari kegiatan 
           setelah dilakukan penawaran.
      5) Bila ada anggota cadangan yang ingin keluar, bicarakan dan
           dimintai persetujuan dari peserta TAK yang lain.
      6) Bila ada peserta TAK yang melakukan kegiatan yang
           tidak sesuai dengan tujuan, leader memperingatkan dan
           mengarahkan kembali, bila tidak bisa diarahkan akan
           dikeluarkan dari kelompok.
      7) Bila peserta pasif, leader memotivasi dibantu oleh fasilitator.

     13.  Kriteria evaluasi
      No                :
      Nama Klien  :
      Penyebab PK:
      Memberi Tanggapan Tentang Tanda dan Gejala Prilaku Kekerasan
      dan Akibat Prilaku Kekerasan
      Petunjuk :
      a. Tulis nama panggilan pasien klien yang ikut TAK 
          pada kolom nama klien
      b. Untuk tiap klien, beri penilaian tentang kemampuan mengetahui
           penyebab perilaku kekerasan tanda dan gejala yang dirasakan,
           perilaku kekerasan yang dilakukan dan akibat perilaku 
           kekerasan. Beri tanda”√” jika klien mampu dan tanda “X” 
           jika klien tidak mampu
      Dokumentasi :
            Dokumentasi tentang kemampuan yang dimiliki klien saat TAK
      pada catatan proses keperawatan tiap klien. Contoh : klien 
      mengikuti sesi 1. TAK stimulasi persepsi perilaku kekerasan. 
      Klien mampu menyebutkan penyebab perilaku kekerasannya 
      (karena tidak diberi uang), mengenal tanda dan gejala yang 
      dirasakan (gregetan dan deg-deg kan), perilaku kekerasan yang
      dilakukan (memukul meja), akibat yang dirasakan (tangan sakit 
      dan di bawa ke rumah sakit jiwa). Anjurkan klien mengingat dan
      menyampaikan jika semua di rasakan selama di rumah sakit.
            Evaluasi dilakukan pada saat proses TAK berlangsung,
      khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah 
      kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAK simulasi
      persepsi perilaku kekerasan sesi 1, kemampuan yang diharapkan 
      adalah mengetahui penyabab perilaku, mengenal tanda dan gejala,
      perilaku kekerasan yang dilakukan dan akibat perilaku kekerasan

VII. PENUTUP
      Demikian proposal ini kami buat, atas perhatian dan dukungan serta partisipasinya dalam kegiatan ini kami ucapkan terimakasih.

III. DAFTAR PUSTAKA
    Keliat Budi Anna.(2004).Keperawatan Jiwa Terapi Aktivitas Kelompok.Jakarta:EGC